Sabtu, 14 November 2009

Pengenalan Teknologi

Pengenalan teknologi informasi di Era Globalisasi

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi (information tecnology) biasa disebut TI,IT,atau Infotech.
Berbagai definisi tentang teknologi informasi:
Haag dan Keen (1996): Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang dapat membantu kita berkerja dengan informasi dan melakukan tugas” yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
Martin (1999): Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer ( perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk pemroses dan penyimpanan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
Wiliams dan Sawyers (2003): Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

Dari definisi yang tercantum terlihat bahwa teknologi Informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi.
Dengan kata lain teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Peranan Teknologi Informasi

Peranan Teknologi Informasi pada masa sekarang tidak hanya diperuntukan bagi organisasi, melainkan juga untuk kebutuhan perseorangan. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetetif.
Sedangkan bagi perseorangan teknologi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan.
Teknologi Informasi bisa dikatakan telah merasuki di segala bidang dan ke berbagai lapisan masyarakat.
Banyak hal yang sering terjadi seiring dengan perkembangan teknologi informasi.
1) TI dalam dunia Perbankan

Teknologi informasi ikut mewarnai dunia perbankan. Misalnya pihak Bank juga mengembangkan layanan dengan telepon, yang memperkenankan nasabah memeriksa saldo tabungan dan berinteraksi dengan mesin yang siap melayanim kapan saja.
Dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet.pihak bank memberikan layanan melelui internet.





2) TI dunia Pendidikan
Teknologi informasi juga melakukan fitur-fitur baru dalam dunia pendidikan. Sistem pengajaran berbasis multimedia dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton,dan memudahkan penyampaian.
Teknologi internet ikut berperan dalam menciptakan e-learning atau pendidikan jarak jauh.


3) TI dunia Medis
Teknologi informasi juga diaplikasikan pada dunia medis.banyak rumah sakit yang menggunakan sistem informasi untuk menangani transaksi yang berhubungan dengan karyawan, juru medis dan pasien.
Untuk mencari informasi tentang seorang pasien, pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan terminal yang disedikan untuk keperluan itu. Dengan mengetikan sepenggal nama, sistem informasi akan segera menyajikan informasi tentang pasien yang memenuhi kriteria pencariaan.

4) TI untuk Kepolisian
Kepolisian menggunakan teknologi informasi untuk melakukan berbagai aktivitas. Contoh yang umum adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk membuan SIM(surat izin mengemudi). Dengan menggunakan teknologi informasi, yang melibatkan komputer, kamera digital, perekaman sidik jari dan pencetakan kartu SIM.

5) TI untuk Perdagangn Elektronik
e-commerce merupakan model perdagangan yang lahir berkat kemajuan internet. Melalui jaringan raksasa ini, transaksi secara elektronis telah menjadi pilihan yang menarik bagi organisasi dan perorangan. Organisasi bisnis dapat menyediakan situs web untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dan memberikan fasilitas untuk meleksanakan transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar